Peringati Sumpah Pemuda CU Kasih Sejahtera Gelar Diklat Kecakapan Keuangan untuk Kaum Milenial

2
Buku bantu pencatatan pengeluaran usaha

www.cukasihsejahtera.org Hari sumpah Pemuda selalu dirayakan dengan cara yang unik dan berbeda baik perorangan maupun kelompok, tak terkecuali sekelompok anak muda asal Desa Kabuna Kabupaten Belu yang setiap harinya mengisi waktu dengan kegiatan yang produktif. Untuk mendukung kegiatan ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2021 Credit Union Kasih Sejahtera( CUKS) Kantor Pelayanan(KP) Atambua Barat menggelar pendidikan dan pelatihan tentang kecakapan keuangan (Financial Literacy) kepada anggota kelompok milenial yang selama ini menggeluti usaha tenun ikat.

Fermus S. Naihati Selaku Fasilitator Utama mengapresiasi keaktifan kaum milenial ini karena sejak awal mereka mengikutinya dengan tekun dan penuh antusias.

“Seorang yang berhemat akan cendrung lebih bijak dalam mengatur pengeluaran keuangannya dan akan berpikir panjang sebelum membuat keputusan finansial. Harapan saya semoga dengan kegiatan ini dapat membawa dampak positif untuk perkembangan mereka. Apalagi sebagai kaum millenial kita dituntut untuk berhemat sejak muda dalam mempersiapkan masa depan.” Ucapnya

Foto Bersama Setelah Kegiatan

Martina Da Cruz selaku koordinator Kaum Milenial Kabuna merasa bangga atas langkah  CU Kasih Sejahtera memfasilitasi pendidikan ini, dengan adanya pelatihan keuangan membuat anak muda melek dalam mengatur keuangan pribadi.

 “Terus terang selama ini kami kaum muda lebih boros dan muda tergoda dalam mengeluarkan uang  semua itu karena kurangnya pendidikan keuangan dan tidak mengerti tentang bagaimana mengelolah keuangan” ucapnya.

“Semoga dengan pendidikan ini kami bisa hemat  menyisihkan uang dari hasil tenun dan menabung di CU Kasih Sejahtera untuk masa depan kami” sambungnya.

Komite Diklat Kantor Pelayanan ( KP) Atambua Barat, Mateus Y. Bere Kia dalam diskusinya menyampaikan terima kasih kepada anak muda yang punya kesadaran untuk mengikuti pendidikan kecakapan keuangan ini.

“Muda berupaya, tua kaya raya. Muda menabung, tua sejahtera” tandasnya.

“Harapan saya setelah mengikuti kegiatan ini hasil tenun yang selama ini menjadi penghasilan utama disisihkan untuk disimpan sehingga menjadi bekal untuk jangka panjang” sambungnya.

Rencana tindak lanjut dari kegiatan Financial Literacy kaum milenial langsung dibentuk menjadi pra Komunitas Basis ( KOMBAS)  CU Kasih Sejahtera dengan nama Kombas Ankem (Anak Kemak) Milenial Kabuna, untuk mendapat pendampingan yang  berkelanjutan setiap bulan. (FINYS)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here