Credit Union Kasih Sejahtera Mempelopori Budidaya Anggur di Wilayah Pantai Utara Timor Barat – Indonesia

0
Uskup Atambua, Pengurus, Pengawas, GM dan Deputi CU Kasih Sejahtera serta Utusan Pemda TTU (Photo; Yos Sonlai)

cukasihsejahtera.org – Sebagai salah satu lembaga pemberdayaan masyarakat, Credit Union Kasih Sejahtera selalu berupaya mencari dan menemukan langkah strategis yang tepat, handal dan berkelanjutan bagi anggota-anggotanya melalui Kombas (Komunitas Basis). Hal ini merupakan bentuk implementasi dari Visi Credit Union Kasih Sejahtera yakni ”Menjadi Lembaga Pemberdayaan Yang Terpercaya dan Profesional Berbasis Komunitas di Wilayah Keuskupan Atambua”. Istilah Kombas sebenarnya merupakan Sekelompok anggota CU yang saling mengenal, saling percaya, dan saling menghargai dalam suatu wilayah tertentu dengan gerakan dan tujuan yang sama dilandasi oleh kesamaan nilai menuju transformasi sosial. Dengan demikian maka hal ini berbeda dengan istilah Komunitas Umat Basis (KUB) yang dibentuk oleh Gereja Katolik dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang dibentuk oleh Pemerintah. Tujuan Kombas adalah agar Anggota CU KS memiliki pola pikir yang baik dan benar, cakap mengelola hidup dalam menciptakan, meningkatkan dan mengembangkan usaha produktif yang unggul untuk mencapai kualitas hidup yang berpengaruh terhadap  keadaan sosial ekonomi masyarakat.

Banyak usaha produktif yang telah digalakkan oleh para anggota CU KS yang bergabung dalam Kombas ini, baik dibidang Pertanian dan Perkebunan, Peternakan, Industri Rumah Tangga maupun Usaha Kerajinan Tangan. Di bidang Pertanian dan Perkebunan, CU KS terus mendorong para anggotanya untuk menemukan usaha-usaha inovatif yang lebih berorientasi pada sebuah investasi jangka panjang, seperti halnya budidaya anggur.

Pemotongan Pita oleh Uskup Dominikus disaksikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda kabupaten TTU Ferdinandus Lio,S.Ip (photo ;Yos Sonlai)

Pada hari ini (Selasa, 25 Agustus 2020), Bapak Uskup Atambua, Mgr.Dr.Dominikus saku,Pr menghadiri acara Seremonial penanaman Simbolis anggur di lokasi perkebunan anggur milik CU Kasih Sejahtera Kantor Pelayanan Pantura yang dikelola oleh Komunitas Basis “Satelith” Wini, Desa Humusu Wini Kabupaten Timor Tengah Utara. Hadir dalam acara tersebut; Ketua Dewan Pengurus Dan Ketua Badan Pengawas CU Kasih Sejahtera bersama anggota, General Manajer CU Kasih Sejahtera,  Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Timor Tengah Utara, Ferdinandus Lio,S.Ip, Romo Deken dekenat Mena; Romo Kanisius Oki,Pr; Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Timor Tengah Utara, Camat Insana Utara, Kepala Desa Wini, para komite dan pokti CU KS KP Pantura serta undangan lainnya

Acara  ceremonial penanaman simbolis anggur ini diawali dengan ibadat sabda dan dilanjutkan dengan pemberkatan benih anggur dan lahan oleh Yang Mulia Bapak Uskup Atambua, dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penanaman benih anggur sebanyak 100 pohon setelah sambutan – sambutan dan foto bersama untuk mengabadikan moment istimewa dan bersejarah ini. semua peserta sangat ceria dan antusias mengikuti acara ceremonial ini kendatipun terkadang diusik panas dan angin kencang yang menghempas seluruh pantai utara.

Penanaman simbolis Anggur oleh Uskup Dominikus (photo ; Yos Sonlai)

Dalam ibadat sabda dan sambutannya, Bapak Uskup Domi mengatakan” Dalam berkebun anggur kita mesti belajar dari firman Tuhan dalam injil yaitu pertama setiap tahun anggur harus dipotong supaya berbuah, kedua setiap tunas baru harus menyatu dengan pokok anggur itu”. Bapak Uskup Juga mengatakan bahwa seluruh wilayah pantura ini sangat cocok untuk produksi anggur, oleh karena itu Beliau mengajurkan kepada para pastor paroki dan juga para kepala Desa di wilayah pantura ini untuk menggalakkan budidaya anggur sehingga diharapkan 7 tahun mendatang daerah ini menjadi penyedia anggur dalam skala besar. Asisten II Setda Kabupaten TTU juga berjanji dalam sambutannya bahwa pemerintah Daerah akan selalu siap bekerja sama dengan Gereja dalam hal menghadirkan pendamping lapangan untuk mendampingi semua usaha produktif anggota. Karena anggota CU KS adalah umat Allah sekaligus juga rakyat Indonesia. Oleh karena itu mereka perlu didukung penuh agar keluar dari jerat kemiskinan yang sedang mengintai kita. Kepada para anggota kombas Satelith Bapak Uskup menghimbau untuk terus membangun etos kerja yang tinggi karena sesungguhnya pohon-pohon lontar di dalam lahan ini yang telah ditebang harus digantikan  dengan tanaman anggur agar terjadilah keseimbangan ekosistem yang baik; prinsipnya”Berani Tebang 1 pohon, harus tanam 1 pohon”.

Banyaknya lubang tanam yang disiapkan oleh anggota Kombas untuk ditanami anggur sebanyak 360 lubang sesuai luasnya lahan. Semua lubang tanam ini akan ditanami dengan 5 jenis anggur yakni: anggur Jupiter, anggur Ninel, anggur Baikonur, anggur transfigurasi sebagai anggur meja dan anggur jenis Yellow Belgia untuk produksi minuman anggur (Wine). Kegiatan ini menjadi momentum perdana yang dipelopori oleh Credit Union Kasih Sejahtera, dan dengan dukungan yang penuh yang datang dari lembaga pemerintah maupun swasta, CU KS semakin yakin sebagai lembaga pemberdayaan yang terpercaya dan professional yang siap menghantar anggota-anggotanya mencapai kebebasan Finansial. ( Anton Tabesi-Komite Pemberdayaan KP Pantura )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here