Business Plan CU KASIH SEJAHTERA Antara Mimpi dan Kenyataan Meraih Access Branding “Asociation of Asian Confederation of Credit Union (ACCU)” Tahun Buku 2020

0

cukasihsejahtera.org – Setelah melaksanakan Strategic Planning untuk 5 tahun ke depan sejak tahun 2018, CU Kasih Sejahtera kembali melaksanakan Business Plan (BP) tahun pertama untuk mengevaluasi perjalanan CU Kasih Sejahtera dalam Tahun Buku (TB) 2019 serta menentukan langkah  strategis untuk meningkatkan perkembangan CU KS dalam tahun buku 2020.

Pelaksanaan BP dimaksudkan sebagai upaya untuk mengevaluasi dan menentukan peta jalan CU Kasih Sejahtera dalam TB berikutnya. Pelaksanaan BP bertujuan untuk melakukan analisa perkembangan CU dari aspek keuangan, kualitas produk dan pelayanan, kepuasan anggota, efesiensi operasional, posisi bersaing, kepemimpinan, kepuasan staf, diklat serta pemberdayaan

Pembukaan Kegiatan BP oleh Bendahara CU Kasih Sejahtera, RD. Sypri Tes Mau (Photo: Dok. CUKS)

Sebelum melaksanakan BP, dilakukan persiapan data dan pembahasan terbatas tentang evaluasi terhadap sistim penilaian kesehatan lembaga berdasarkan 5 perspektif yakni perspektif keuangan, perspektif Anggota, perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran serta perspektif diklat dan pemberdayaan. Lima perspektif ini merupakan standar penilaian CU tingkat Asia, dengan pe-rating-an serta perengkingan berdasarkan analisis SWOT. Panduan SWOT standar Asia, dipakai sebagai alat untuk mengevaluasi serta mengukur kesehatan lembaga dan menetukan strategi-strategi baru untuk tahun buku berikutnya.

Diskusi Kelompok dalam Kegiatan BP (Photo: Dok. CUKS)

Setelah mempersiapkan data tersebut, dilanjutkan dengan melaksanakan Pra Business Plan pada tanggal 18 – 20 November 2019, di Aula Susteran SSpS Atambua dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari unsur Pengurus, Pengawas, Komite, GM, Deputi serta para Manager KP. Kegiatan Pra BP merupakan suatu langkah awal untuk mendalami secara bersama hasil penilaian sementara analisis SWOT berdasarkan 5 perspektif tersebut di atas. Setelah melaksanakan Pra BP dilanjutkan lagi dengan pembahasan dan penajaman atas hasil Pra BP dengan fasilitator dalam kegiatan Business Plan CU Kasih Sejahtera tanggal 2 – 5 Desember 2019 di Aula Susteran SSpS Atambua dengan jumlah peserta 79 orang, dan  dilanjutkan dengan penyusunan arus kas tanggal 16 – 19 Desember 2019 di Hotel Permata dengan jumlah peserta khusus dari managemen sebanyak 53 orang.

Bapak Edi Vinsensius Petebang (Ketua Puskopdit BKCU Kalimantan) foto bersama Pengurus, Pengawas, dan GM CU Kasih Sejahtera (Photo: Dok. CUKS)

Pelaksanaan BP CU Kasih Sejahatera dipandu oleh fasilitator dari Puskopdit BKCU Kalimantan, Bapak Edi Vinsensius Petebang selaku ketua Pengurus BKCU Kalimantan. Hadir juga dalam kegiatan Business Plan Pengurus CU Kasih Sejahtera periode 2007 – 2018, RD. Urbanus Hala dan Bapak Herman Abatan,S.Pd.MA yang saat ini juga menjabat sebagai wakil ketua Puskopdit BKCU Kalimantan.

Foto Bersama di sela Kegiatan BP (Photo: Dok. CUKS)

Pelaksanaan Business Plan CU Kasih Sejahtera, menghasilkan dokumen-dokumen tertulis berbasis 5 perspektif diatas serta cash flow sebagai acuan utama dalam pelaksanaan program TB 2020. Dan program inilah yang akan disahkan pada saat RAT TB 2019, dan dilanjutkan dengan penyerahan program dari Pengurus kepada GM untuk dilaksanakan dalam TB 2020. Semoga dengan adanya Business Plan, CU Kasih Sejahtera mampu melakukan kajian dan analisa mendalam terhadap perkembangan dan kemajuan lembaga berbasis ACCESS Branding Asia serta menemukan strategi baru untuk dilaksanakan di tahun mendatang. Yang terpenting saat ini adalah membangun komitmen bersama untuk melaksanakan program yang tertuang dalam dokumen hasil BP sesuai dengan tupoksi masing – masing, baik itu di tingkat Pengurus, Pengawas, Komite, Pokti maupun Managemen dalam TB 2020..(Herry Kedati /TN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here