Bimbingan Teknis Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis SAK-ETAP

0

cukasihsejahtera.org “Kalau Pendidikan adalah Jantung dan Kredit sendiri adalah Napas Credit Union, maka Keuangan adalah Darah Credit Union”. Betapa pentingnya darah dalam tubuh manusia. Ia harus terus mengalir normal dalam tubuh setiap saat tanpa henti. Pendeknya, selain jantung dan napas, darah pun memegang peranan penting dalam kehidupan seorang anak manusia.

CU Kasih Sejahtera
Suasana Latihan Pembuatan Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis SAK-ETAP

Belum lama ini, Kopdit CU-KS kembali menggelar satu kegiatan penting yang amat dibutuhkan lembaga; bimtek Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis SAK-ETAP (19 – 21 Juni 2018), bertempat di Aula St. Dominikus – Emaus.

Sebagaimana fungsi darah dalam tubuh manusia, keuangan sesungguhnya penting dalam tubuh Kopdit CU Kasih Sejahtera. Segala pergerakkan dan perjuangan lembaga tanpa dukungan kuat dari pihak keuangan, sesungguhnya perjalanan ini pasti tertatih-tatih bahkan terus berada di tempat. Maka perlulah ada penataan dan pengelolaan yang lebih rapih, lebih teratur, serta terarah dalam pelaporan keuangan lembaga.

Lebih jauh, bimtek ini dimaksudkan untuk mengantar para pengelola keuangan agar lebih memahami hal-hal teknis dalam pembuatan laporan keuangan setiap bulannya, yakni; Pertama: mengantar para peserta untuk mengetahui Aset Tetap secara rinci, Kedua: bersama-sama para peserta membuat penyesuaian laporan keuangan berbasis SAK-ETAP, dan Ketiga; mengetahui secara jelas nama-nama perkiraan dan jenis-jenis transaksi.

Bimtek Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis SAK-ETAP ini melibatkan para akivis Kopdit CU-KS dan pada baris yang satu ini dikhususkan untuk para manajemen yang terlibat secara langsung dalam penataan dan pembuatan laporan keuangan lembaga. Manajemen yang hadir dan berpartisipasi aktif dalam bimtek ini adalah General Manager, Deputy (1 orang), SAI (1 orang), Manager KP (9 orang), Kabag Keuangan (5 orang), dan Staf Keuangan (8 orang). Semuanya ini datang dari Kantor Pusat dan 12 Kantor Pelayanan, yang tersebar di wilayah Belu, TTU, dan Malaka.

CU Kasih Sejahtera
Ibu Rosalina Susi, SE, Manajer Tata Kelola Puskopdit BKCU Kalimantan.

Hadir sebagai fasilitator, Ibu Rosalina Susi, SE, Manajer Tata Kelola Puskopdit BKCU Kalimantan. Bu Susi, sapaan akrabnya, membeberkan beberapa point praktis, yang sungguh membantu dan mencerahkan para peserta. Wanita yang selalu tampil ceria ini, memulai ulasannya dengan penjelasan tentang Daftar Aset Tetap Standar, lalu Cara Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis SAK-ETAP, dan menyudahinya dengan penjelasan tentang Nama Perkiraan dan Jenis-jenis Transaksi. Selain itu, wanita berambut lurus ini pun, memperindah ulasannya itu dengan praktek pembuatan laporan keuangan berbasis SAK-ETAP secara bersama-sama dengan semua peserta hingga tuntas.

Darah dalam tubuh Kopdit CU-KS kini telah disegarkan. Tekanannya pun telah dinormalkan. Cara pembuatan Laporan Keuangan lembaga Kopdit CU-KS pun telah dipoles, ditata rapih, dan sesuai harapan bersama.

CU Kasih SejahteraDiakhir kegiatan bimtek ini, para peserta dibawah bimbingan Bu Susi telah berhasil menyamakan persepsi dan menetapkan model pelaporan yang konstan dan tepat, yang telah digunakan dalam pembuatan laporan keuangan terhitung bulan Juni 2018.

Semoga CU KS semakin berkembang, membuat mimpi dan harap anggotanya menjadi nyata. Seperti pesan ICU Day 2017 kemarin, Your Dreams Thrive Here… Mimpi Anda (baca: Para anggota) Terwujud bersama CU (Kasih Sejahtera). (*YOLE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here